Bahaya Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diketahui

Bahaya Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diketahui.- Selamat datang di website obat alergi kulit, kali ini kami akan memberikan informasi tentang bahaya penyakit asam lambung.

Sekilas Tentang Penyakit Asam Lambung

penyakit-asam-lambungPenyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Bahaya Penyakit Asam Lambung

Penyakit ini sebenarnya cukup serius karena dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi. Salah satunya adalah infeksi paru-paru seperti yang dialami oleh Andrie Djarot seorang presenter televisi di trans7. Asam lambung yang naik dan melewati faring dan laring dapat masuk ke paru-paru. Cairan yang masuk ke dalam paru-paru (aspirasi) sering menyebabkan batuk dan tersedak tetapi dapat juga tidak. Namun demikian, aspirasi dapat menyebabkan terjadinya infeksi paru-paru dan juga pneumonia. Pneumonia merupakan salah satu penyakit serius yang membutuhkan perawatan khusus. Selain infeksi paru-paru, GERD juga dapat menyebabkan komplikasi lain, seperti luka pada esophagus, batuk dan asma, infeksi pada laring dan faring, hingga kanker di esophagus.
Padahal, GERD termasuk penyakit kronis, yang bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang berujung pada kematian. Dr. Ari Fahrial Syam, MD.PhD, FACP, spesialis Gastrologi dari FKUI memaparkan gejala GERD yang paling menonjol.
“Yang paling umum ditandai rasa nyeri atau panas seperti terbakar di sekitar dada. Kondisi ini disebut dengan heart burn, kemudian diikuti dengan gejala lain seperti mulut memahit karena naiknya asam lambung,” terangnya.
Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang menderita GERD. “Bisa karena kegemukan, kebanyakan makan cokelat, keju atau lemak tinggi, rokok, alkohol. Bisa juga orang itu punya kebiasaan makan dua jam sebelum tidur,” lanjut Dr. Ari.
GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti munculnya lesi pra-kanker, erosi gigi, penyakit tenggorokan kronis (faringitis), asma, hingga paru-paru (Fibrosis paru Idiopatik). Hal ini terjadi karena asam lambung yang naik akan menyebabkan bagian-bagian yang terkena menjadi luka.
“Nah, komplikasinya memang macam-macam. Asam lambung ini kan normalnya ada di lambung. Tapi, bisa juga naik ke kerongkongan, terus balik arah sampai paru-paru. Ini yang membuat pita suara orang jadi serak, atau kalau naik ke paru-paru bisa jadi sesak napas,” imbuhnya.
Jika mengalami keluhan seperti yang disebutkan, Dr. Ari menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, pasien biasanya akan diberikan obat anti sekresi asam lambung.
Jika darurat, pemakaian Antasida, atau obat penetral asam lambung yang banyak dijual di pasaran juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala GERD.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

INFO PENGOBATAN

Untuk informasi pengobatan penyakit asam lambung anda bisa hubungi SATELIT HERBAL melalui Telp. 0812.2459.8008 atau melalui SMS / WA di 0812.2442.9800 bisa juga melalui BBM : D26B1DF1

Anda juga bisa mengunjungi website obat penyakit asam lambung => obatpenyakitasamlambung.mkes.info

Terimakasih atas kunjungannya 🙂

posted by. obatalergikulitalami.mkes.info

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*